Custom Search

Rabu, 19 Desember 2012

Contoh Proposal Usaha Laundri


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Judul Kegiatan: USAHA JASA LAUNDRY “KINCLONG LAUNDRY”
B.  Status Usaha: Usaha yang akan saya jalankan adalah pengembangan usaha yang sudah ada.
C.  Rasional Kegiatan: Usaha jasa Laundry yang akan saya dirikan adalah di bidang jasa yang menawarkan jasa mencuci pakaian. Alasan saya dalam memilih usaha jasa laundry saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut;
1.      Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci.
2.      Perubahan gaya hidup  dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka, dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.
3.      Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke laundry-laundry.
4.      Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.
D.  Tujuan Kegiatan :
Tujuan dari didirikankanya usaha jasa laundry ini adalah:
1.      Untuk memperoleh penghasilan yang dapat saya gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari
2.      Memanfaatkan peluang yang dapat menghasilkan uang.
3.      Melatih jiwa berwirausaha dikalangan mahasiswa.


BAB II
METODE PELAKSANAAN

A.    Produk :Produk usaha ini adalah jasa laundry, yaitu jasa pencucian pakaian.
B.     Proses Produksi :
Proses Pencucian Pakaian.
Pencucian pakaian dilakukan dengan proses sebagai berikut:
a)      Pakaian kotor dipilah dan dikelompokkan sesuai dengan pemiliknya.
b)      Pakaian dibungkus dan ditimbang beratnya.
c)      Pakaian dicuci dengan menggunakan mesin pencuci pakaian.
d)     Setelah pakaian dicuci bersih, pakaian dikeringkan.
e)      Setelah pakaian kering, pakaian kemudian disetrika.
f)       Pakaian yang telah rapih dikemas dan siap dikembalikan ke pelanggan.
C.    Pemasaran :
Segmen pasar yang dibidik untuk sementara waktu dua tahun kedepan adalah masyarakat di daerah Gombong. Diperkirakan dengan jumlah penduduk  kotaGombong5.000. jiwa, dengan tingkat konsumtif yang sangat tinggi, diperkirakan 40% atau 2.000 jiwa akan menggunakan jasa laundry ini. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan caramemasang pengumuman melalui brosur dan papan nama didepan lokasi laundry, serta dengan menawarkan paket-paket menarik yang berbeda dari laundry-laundry yang lain. Dengan asumsi pakaian yang dilaundrykan 2 kg/pelanggan dan setiap harinya pelanggan yang datang adalah 10% dari total pelanggan yaitu 2.000 jiwa, maka dapat diperkirakan setiap harinya akan ada 40 Kg cucian pakaian.
Dengan asumsi pasar tumbuh 20% pertahun, maka gambaran pasar 2 tahun kedepan dapat ditunjukan sebagai berikut

Tahun usaha
Jumlah Konsumen
Pakaian per hari (Kg)
2011 -2012
2.000
40
2012 - 2013
2.200
44

Kelebihan produk:
1.      Laundry 5 kali cucian, gratis 1 kg cucian.
2.      Paket landry:
a.       Biasa
-          Lama pencucian 2 hari
-          Biaya Rp. 2.500,-/kg
b.      Kilat
-          Lama pencucian ½ hari
-          Biaya Rp. 3.500,-/kg
3.      Tersedia fasilitas antar jemput cucian.
4.      Proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan.
5.      Hasil cucian bersih, wangi, rapih, dan siap pakai.

E. Tempat Produksi :
Tempat produksi dilakukan di kontrakan di jalan raya Yos Sudarso 462 Gombong.Tempat produksi cukup strategis karena berada dekat dengan Kampus STIKES Muhammadiyah Gombong, RS PKU Muhammadiyah dan area kos-kosan mahasiswa dan perawat serta masyarakat Gombong.
Luas tempat produksi yang disediakan adalah 200 meter persegi, yang terdiri dari: rumah untuk proses pencucian dan transaksi, dan lahan untuk menjemur pakaian.

 BAB III
TARGET LUARAN

A.    Target produk :
Produk yang akan dihasilkan adalah jasa Loundry. Kualitas dari jasa laudry ini yaitu proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan. Hasil cucian bersih, wangi, rapih, licin dan siap pakai.Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produk yang dapat dihasilkan adalah 240.000 gelas pertahun. Namun sesuai dengan jumlah konsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 500 gelas perhari atau 12.000 perbulan (24 hari kerja/bulan)
B. Target konsumen :
            Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja dengan jumlah target rata-rata 12.000 orang perbulan atau 144.000 orangpertahun.
C. Target pendapatan : Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh setiap bulan adalah Rp. 2.400.000,-

  
BAB IV
RENCANA BIAYA

A. Rencana biaya usaha :
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Penentuan harga pokok
Setiap Kg pakaian kami beri harga Rp. 2.500,00
Target usaha tiap hari 40kg, atau 1200 kg per bulan.
  1. Investasi yang diperlukan
NO
Nama Barang
jumlah
Harga satuan
Total Harga
1.
Mesin cuci
3 buah
Rp 1.500.000
Rp    4.500.000
2.
Setrika
3 buah
Rp 75.000
Rp       225.000
3.
Timbangan
1 buah
Rp    500.000
Rp       500.000
4.
Keranjang
10 buah
Rp      25.000
Rp       250.000
5.
Hanger
5pak
Rp   10.000
Rp        50.000
6.
Tali tambang
100m
Rp.  1.000
Rp     100.000

TOTAL


Rp. 5.625.000

3.      Kebutuhan Bahan Habis Pakai per Bulan
No
Nama Barang
Banyaknya
Harga Satuan
Jumlah
1
Detergen
20
Kg
10.000
200.000
2
Pelican setrika
5
botol
10.000
50.000
3
Plastic
100.000
4
Plester
1
buah
10.000
10.000
5
Label
1
pak
5000
5000
6
Alat tulis
20.000
7
Tas Kresek
10
Bungkus
5000
50.000
8
Listrik
100.000
9
PAM
100.000
10
Sewa Tempat
500.000
11
Transportasi
500.000
12
Upah Pegawai
3
orang
300.000
900.000
13
Lain-lain
1.257.500

Jumlah



Rp 3.792.000
B. Rancangan Pengembangan & Investasi: 

Keuntungan yang saya peroleh dari usaha adalah :
Uraian
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Hasil penjualan
 Rp11,396,000
 Rp12,535,600
 Rp 13,789,160
Biaya operasional
 Rp 8,075,000
 Rp  8,075,000
 Rp   8,075,000
Keuntungan
 Rp  3,321,000
 Rp 4,460,600
 Rp   5,714,160

Keuntungan tersebut akan saya gunakan untuk:

Pengembalian modal0.30%
 Rp 996,300
 Rp  1,338,180
 Rp    1,714,248
Pengembangan usaha0.30%
 Rp 996,300
 Rp  1,338,180
 Rp   1,714,248
Tabungan 0.40%
 Rp1,328,400
 Rp 1,784,240
 Rp   2,285,664


BAB V
JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal Pelaksanaan usaha dan tahap kebutuhan anggaran disusun sebagai berikut:

No
Uraian Kegiatan
Bulan Pelaksanaan


Juni
Juli
1
Pembelian peralatan Kantor
5 item

Rp      7,575,000

2
Pembelian peralatan produksi
8 item

Rp      2,075,000

3
Penataan ruang produksi


Rp.  200,000

4
Pembelian bahan baku produksi untuk satu bulan operasional

6 item

Rp     5,795,000

Jumlah
Rp       9,850,000
Rp     5,795,000


 BAB VI
ORGANISASI PELAKSANA

A. Personil : Personil pelaksana kegiatan usaha tersusun sebagai berikut:

No
Nama
Pendidikan/Keahlian
Deskripsi tugas
1
Siti Fatimah
S1/Keperawatan
Manajer
2
Irmawan Andri
S1/Keperawatan
Pemasaran
3
Eko Musladin
S1/Keperawatan
Pemasaran
4
Didit Ratnasari
S1/Keperawatan
Produksi
5
Diyah Dwi P.
S1/Keperawatan
Produksi
6
Aprilia Fitriyani
S1/Keperawatan
Produksi
7
Febri Astuti
S1/Keperawatan
Produksi
8
Ika Yuli Pristiyani
S1/Keperawatan
Produksi
9
Tri Irnawati
S1/Keperawatan
Produksi
10
Wiwit Nur A.
S1/Keperawatan
Produksi


B. Pendamping: Usaha industri JASA LAUNDRY dalam menjalankan usahanya akan didampingi oleh:

No
Nama
Lembaga/Keahlian
Deskripsi tugas
1
Safrudin Agus Ns, S.Kep, Ns
S1/Keperawatan
pengembangan teknologi

  
BAB VII
POTENSI KHUSUS

Peluang Komersial: Sifat konsumtif masyarakat gombong yang tinggi sehingga sangat berpotensi pada produk JASA LAUNDRY. Di samping itu, lokasi dari Kinclong Laundry berada di area kampus, sangat berpotensi karena dengan kesibukan yang dilakukan oleh para mahasiswa.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaf aku salin & share
izin salin, share dan pake kata2nya untuk tugas ppt sekolah